Terdapat dua kegiatan menghafal pada bidang Tahfizhul Quran, yakni ; Tahfizh Linear & Tahfizh Tematik/Quran Character Building

Tahfizh linear adalah kegiatan menghafal Al-Quran dengan target 30 Juz mutqin. yang dihafal adalah nama surat (114 surah) dan ayat-ayatnya (6234 ayat). strategi dan pola tahfizh nya adalah Sabak, Sabki, Manzil, Tilawah (SSMT) sedangkan lessonplannya adalah menghafal mandiri,  menghafal cluster, dan menghafal bersama. Tools / peralatan menghafalnya beraneka, mulai dari mushaf Quran biasa, peta Quran, slide mindmaping Quran, sampai penggunaan teknologi khusus (Computerized) untuk menghafal (aplikasi Quran Academy Suite versi android & dekstop).

Bidang Tahfizh Tematik/Quran Character Building (QCB)

QCB merupakan modul pengajaran dan pendampingan. bertujuan untuk menanam ayat-ayat Quran pilihan ke level intelektual dan emosional santri, agar menjadi pilar pembentuk kepribadian mereka. Target hafalan QCB adalah ayat-ayat Quran pilihan yg mesti dihafal nama suratnya, nomor ayatnya, ayat, terjemah indonesianya, tafsir salaf kholaf, dan mampu mentadaburi ayat serta mampu menggunakannya pada setiap aspek kehidupan faktual.

 

Strategi dan pola tahfizh

Pesantren UBK Plus menggunakan Strategi dan Pola Sabak, Sabki, Manzil, Tilawah (SSMT) yang didukung dengan banyak Tools Tahfizh agar kegiatan tahfizh dapat dilaksanakan dengan konsekuen sesuai SOP, terukur, dan terpantau dengan cermat. 

Mentoring Tahfizhul Qur’an

Menghafal Al-Quran adalah aktivitas yang membutuhkan kondisi prima, baik secara fisik, hati maupun performance otak khususnya di bagian memory. Oleh karena itu selain olah raga sebagai langkah untuk mewujudkan fisik yang prima, santri mendapatkan sesi khusus mentoring di bidang tahfizhul Qur’an. Mentoring ini bertujuan untuk menjaga semangat dan azam untuk menghafal Al-Quran. Sesi mentoring secara global memliki bahasan sebagai berikut ;

  • Motivasi untuk menghafal Al-Quran
  • Informasi yang meningkatkan pemahaman terhadap Al-Quran
  • Informasi mengenai keluar-biasaan Al-Quran
  • Psikologi Memory, upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas memory
  • Game-game memory
Diharapkan sesi khusus ini meningkatkan pengetahuan santri terhadap Al-Quran, sehingga penghargaan (sakralitas) dan cinta terhadap Al-Quran terbangun secara permanen dalam diri. Inilah dasar dari motivasi utama dari dalam diri santri sendiri (internal) yang akan terus menerus membakar semangat dan ikhtiar santri untuk berinteraksi dengan Al-Quran, baik tilawahnya, tahfizhnya, maupun tadaburnya, Insya Allah.
 

Grade Tahfizh

Grade tahfizh adalah kategori yang ditetapkan pesantren setelah melalui masa observasi yang cukup. Santri akan dibagi menjadi 4 grade sesuai dengan ukuran kemampuannya dalam menghafal.
 
  1. Grade pertama dengan target 3 halaman sehari
  2. Grade kedua dengan target 1,5 halaman sehari
  3. Grade ketiga dengan target 1 halaman sehari
  4. Grade keempat dengan target 0,5 halaman sehari

NB :
Terdapat satu kategori khusus untuk mereka yang masih bermasalah dalam kelancaran baca Quran. mereka masuk masa karantina "Persiapan Tahfizh" yaitu 100 jam yang harus mereka lalui sebelum mereka diperkenankan untuk menghafal. 


Lessonplan yang kaya

Untuk mengakomodir dominasi gaya belajar yang berbeda, juga untuk menghindari kebosanan, dan meningkatkan mutu hafalan, kami memiliki berbagai macam lessonplan dan media belajar, sebagai berikut :


  1. Sesi Menghafal Bersama ; Di Laboratorium Tahfizh dengan menggunakan Software Quran Academy Suite (QAS).
  2. Sesi Menghafal Kelompok (Cluster) ; Santri dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil.
  3. Sesi Menghafal Mandiri ; Santri menghafal sendiri dan dipersilahkan menggunakan cara yang dia kehendaki.

NB :
Kami variasikan dengan selingan game-game murajaah seperti misalnya ; katabah (menulis ayat), bola ayat, ayat berantai, dsb.