Bidang Informasi Teknologi (IT)

Meliputi bidang Design Grafis, Web Master, Internet Marketing, dan Pemograman (Dasar Pemograman untuk level 1 [3 tahun pertama] dan Advance untuk level 2 [3 tahun kedua]). Dengan pola pengajaran ; Project Based Learning (PBL). Insya Allah strategi ini dapat memastikan keseimbangan antara teori dan praktek.

Alasan Pemilihan Program IT

Bidang Informasi Teknologi dipilih menjadi program pesantren dengan beberapa alasan berikut :
 
  1. Dakwah pada saat ini harus aktual, faktual dan kontekstual. Seiring pesat dan masifnya penggunaan teknologi komunikasi dan informatika di masyarakat, maka pemanfaatan teknologi berbasis ICT( information and communication technology ) atau TIK ( teknologi informasi dan komunikasi ) sebagai media dakwah merupakan suatu keniscayaan.
  2. Teknologi informasi adalah ilmu dan alat untuk menginformasikan (to Inform), untuk mendidik (to educate), untuk menghibur (to entertain) dan untuk mempengaruhi (to influence). Dalam kepentingan dakwah, IT berperan sebagai media dakwah dengan misi utamanya yaitu upaya mengajak atau menyeru (to invite/ to propagate).
  3. Segala bentuk kemajuan teknologi informasi sebenarnya adalah bagian dari karunai Allah SWTyang wajib disyukuri dengan cara menguasai dan menggunakannya untuk kemajuan dakwah dan peningkatan kualitas ummat.Kewajiban kaum muslimin untuk mencegah agar jangan sampai multimedia komunikasi dan informasi itu dikuasai dan dan didominasi oleh manusia yang berorientasi pada kesenangan hidup dan kesenangan hawa nafsu sehingga hanya menggunakan teknologi itu untuk menyebarkan paham yang bertentangan dengan Islam seperti ; materialisme, kapitalisme, hedonisme, dsb.
  4. Oleh karena itu, sudah saatnya para pegiat dakwah mengejar ketertinggalannya dalam konteks pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berdakwah.
  5. Dunia di masa depan masih bergantung dan diwarnai oleh teknologi informasi, maka penguasaan pengetahuan di bidang IT merupakan tiket untuk memiliki akses dan berkontribusi di nyaris segala bidang. Dengan demikian peluang para santri kelak untuk bermanfaat bagi manusia lain dapat lebih terbuka lebar.
  6. Teknologi Informasi meningkatkan capaian di berbagai bidang, maka penguasaan terhadap IT adalah kompetensi penting untuk sukses di berbagai aspek kehidupan, bukan hanya secara finansial bahkan di bidang dakwah sekalipun.

 

Contoh penerapan strategi Project Based Learning (PBL) pada bidang IT

Misalnya dalam hal pemanfaatan Komputer dan peralatan mobile (Smartphone, Tablet) untuk komunikasi dan dakwah ; Santri diajarkan secara teoritis tentang :
 
  1. Bagaimana memanfaatkan aplikasi-aplikasi sosial media FB, Twitter, Whatsapp, Telegram, dsb.
  2. Bagaimana membentuk komunitas, bagaimana membentuk jaringan pertemanan dan memanfaatkan link untuk tujuan dakwah atau promosi dan branding image,
  3. Bagaimana menghasilkan artikel atau sekedar quote maupun comment yang dapat memiliki pengaruh masal bahkan mampu mengarahkan dan membentuk opini publik
  4. Setelah tataran teoritis maka lessonplan berikutnya adalah melatih santri untuk menjalankannya secara nyata :
    • Membuat account di aplikasi-aplikasi sosial media FB, Twitter, Whatsapp, Telegram, dsb
    • Guru memberikan misi kepada para santri agar melakukan campign dengan tema ; Thibun Nabawi
    • Santri diberi pemahaman tentang keuntungan berobat secara alamiah sembari di beri pemahaman tentang resiko pengobatan kimiawi pada tubuh manusia
    • Setelah itu Santri diberi tugas untuk membuat artikel atau sekedar quote maupun comment untuk di publish secara strategis di aplikasi-aplikasi sosial media tersebut.
    • Semua keahlian yang sudah diajarkan harus digunakan dan diterapkan pada misi ini
  5. Durasi dan lama misi ini dijalankan ditetapkan sesuai dengan bobot tema yang dicanangkan.
 

Pengawasan Dan Kontrol Penggunaan Perangkat

Proses interaksi santri dengan komputer dan device berada dalam pengawasan yang ketat dan sudah diperhitungkan tingkat keamanannya. Pesantren UBK Plus memiliki peralatan dan perangkat lunak untuk pengawasan tersebut.